Tips Sebelum Membeli Promo Kredit Mobil Murah Agar Tidak Menyesal Membelinya

Diskon atau penawaran potongan harga mobil memang sangat menggiurkan dan banyak menarik minat pembeli. Hal ini dikarenakan tingginya harga kendaraan yang satu ini. Penawaran harga diskon hingga jutaan rupiah tentu menjadi salah satu pemanis yang kadang sulit sekali diabaikan oleh setiap orang yang tertarik memilikinya. Promo kredit mobil ini bahkan kerap melakukan penawaran besar – besaran hingga menawarkan uang muka di bawah 10 juta an. Itu artinya, cukup dengan uang Rp 10 juta saja, Anda sudah bisa menyepakati skema kredit  mobil incaran Anda agar bisa langsung dibawa ke rumah.

 

Tertarik dengan penawaran promo ini? Jangan terburu – buru dulu. Simak beberapa informasi berikut ini sebelum Anda mengajukan permohonannya. 

1. Mengukur Kemampuan Finansial

Meskipun ditawarkan dengan penawaran harga promo kredit mobil yang murahnya selangit, pembelian mobil tetap tidak boleh dilakukan secara serampangan. Maka dari itu, lakukan penghitungan terlebih dahulu sebelum Anda membelinya agar mengetahui kemampuan keuangan Anda. Penghitungan bisa Anda lakukan melalui simulasi kredit mobil. Tenang, jika Anda tidak bisa menghitungnya, kini ada banyak website yang menyediakan kalkulator kredit mobil untuk melakukan simulasi melalui sistem online. 

Dari penghitungan simulasi, Anda akan mendapatkan gambaran berapa uang muka yang harus dikeluarkan, cicilan per bulannya, bunga kredit dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda pun dapat dengan mudah mengukur kemampuan keuangan sebelum mengambil keputusan untuk mengajukannya.

 

2. Cari Tipe Mobil Sesuai Kebutuhan

Setelah mengukur kemampuan finansial, selanjutnya tinggal memilih jenis mobil yang Anda butuhkan. Kebanyakan masyarakat di Tanah Air, lebih memilih jenis mobil keluarga dibandingkan dengan mobil sport. Misalnya mobil tipe multipurpose vehicle (MPV) atau jenis mobil keluarga yang mampu memuat banyak orang. Selain MPV ada juga tipe kendaraan yang sering dipilih seperti mobil sedan CC dan tipe mobil kompak. Semuanya tergantung dengan kebutuhan masing – masing.

 

3. Cermati Detail Skema Kredit Mobil

Usahakan untuk mencermati terlebih dahulu detail skema kredit yang biasanya ditawarkan oleh leasing maupun bank. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan diantaranya: berapa besar Down Payment (DP) yang harus Anda siapkan, berapa beban cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya, berapa tingkat bunga kredit yang digunakan, berapa biaya pelunasan lebih awal, denda keterlambatan pembayaran cicilan hingga mengetahui berapa nilai premi asuransi pada kendaraan yang Anda beli melalui skema kredit. 

Kebanyakan perencana keuangan akan menyarankan agar mengambil kredit mobil dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Jika kemampuan keuangan Anda memenuhi untuk mengambil tenor 3 tahun, maka hal tersebut akan sangat menguntungkan. Meski demikian, saat ini tenor untuk kredit mobil ditawarkan bahkan hingga 5 – 7 tahun.

 

4. Ketahui Penawaran Bunga Kredit Mobil

Untuk bunga kredit kendaraan khususnya mobil ini berlaku bunga flat, seperti bagaimana sistem penghitungan kredit tanpa agunan. Agar beban cicilan mobil Anda lebih ringan, pilihlah penawaran bunga kredit mobil paling murah. Saat ini, bunga kredit untuk kendaraan roda empat rata – rata di bawah 10% per tahunnya. Namun, biasanya promo – promo yang ditawarkan baik oleh bank maupun leasing menawarkan nilai sebesar 5% per tahunnya. 

Bunga flat ini adalah salah satu jenis bunga yang sangat mudah sekali untuk dipahami. Karena, dalam pinjaman skema bunga flat, besar dari cicilan yang Anda bayarkan dipatok sama selama masa tenor (jangka waktu pinjaman) kredit. Sedangkan bunga akan dihitung berdasarkan pokok utang. Untuk informasi lebih jelas seputar produk kredit mobil dan cara mengajukan kredit tanpa ribet, Anda bisa mengaksesnya disini https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor.

Tinggalkan Balasan