Perhatikan ini Saat Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Bank Danamon

Perhatikan ini Saat Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Bank Danamon

Sebagai salah satu bank besar di Indonesia, Bank Danamon menawarkan variasi jenis pinjaman. Kalau sedang butuh dana cepat, kredit tanpa agunan adalah pilihan pinjaman yang tepat. Proses pengajuan kredit tanpa agunan Bank Danamon mudah dan cepat.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari saat pengajuan hingga masa penyicilan. Sebelum itu, pahami terlebih dahulu bedanya kredit tanpa agunan dengan jenis kredit lainnya.

Keuntungan Memilih Kredit Tanpa Agunan

Disebut tanpa agunan karena memang fasilitas kredit ini tidak mensyaratkan suatu jaminan. Bank memutuskan calon nasabah berhak atau tidak mendapatkan pinjaman berdasarkan historis kreditnya. Bisa dilihat dari pembayaran kartu kredit, KPR, cicilan kendaraan, atau lainnya. Dari sana dinilai apakah pembayarannya lancar atau tersendat.

Konsep di atas berbeda dengan jenis kredit lainnya. Misalnya saja dengan kredit usaha rakyat. Kredit ini mengharuskan calon nasabah menjaminkan surat usahanya. Atau kredit pemilikan rumah yang menjadikan akta rumah sebagai jaminan dari pihak bank.

Saat ini pengajuan kredit tanpa agunan Bank Danamon bisa dilakukan secara online. Ini menjadi salah satu kemudahan bagi calon nasabah. Isi data terlebih dahulu kemudian pihak Bank Danamon akan menghubungi calon nasabah. Tak perlu repot membawa berkas-berkas dan mengantri di kantor cabang hanya untuk memberikan data diri.

Untuk suatu fasilitas kredit tanpa jaminan, kredit tanpa agunan Bank Danamon memberikan plafon (jumlah pinjaman) yang cukup tinggi. Pinjaman yang diajukan bisa mencapai Rp 200.000.000. Sedangkan untuk tenor (jangka waktu cicilan) pun rentangnya cukup lama. Jangka waktu yang ditawarkan bisa hingga 36 bulan (3 tahun).

Biasanya dana pinjaman kredit tanpa agunan dimanfaatkan untuk modal usaha, biaya pernikahan, atau melunasi cicilan. Apapun tujuannya, kredit tanpa agunan Bank Danamon adalah dapat menjadi alternatif solusi kebutuhan dana instan.

Hal yang Perlu Diperhatikan dari Kredit Tanpa Agunan

Setelah mengetahui kemudahan dan keuntungan dari kredit tanpa agunan, saatnya memahami poin-poin penting dari fasilitas ini. Berikut yang perlu diketahui sebelum melakukan pengajuan kredit tanpa agunan Bank Danamon:

1. Persyaratan Pengajuan Pinjaman

Ini merupakan bagian awal yang menentukan apakah aplikasi (permohonan pinjaman) disetujui pihak bank atau tidak. Apabila dari kelengkapan syarat sudah tidak memenuhi, proses pengajuan tidak akan diteruskan. Maka dari itu, pastikan setiap persyaratan yang diminta bank dipenuhi.

Persyaratan ini dibagi menjadi dua, yaitu administratif dan histori kredit calon nasabah. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bank memutuskan persetujuan berdasarkan kelancaran pembayaran cicilan sebelumnya. Jika ada cicilan KPR, Bank Danamon mensyaratkan minimal KPR tersebut sudah minimal 1 tahun dan berstatus lancar. Untuk kartu kredit tidak memiliki tunggakan atau sudah dibayar lunas.

Sedangkan untuk syarat administratif yang akan diminta adalah fotocopy KTP, NPWP, kartu kredit bagian depan, buku rekening tabungan 3 bulan terakhir, slip gaji, dan surat keterangan pegawai. Bagi wirausaha, diperlukan fotocopy surat izin profesi atau akta SITU/SIUP.

2. Besaran Pinjaman dan Jangka Waktu

Bagian ini sejalan saat mengajukan aplikasi pinjaman. Calon nasabah akan diberikan kebebasan untuk memilih jumlah uang yang akan dipinjam serta waktu pelunasan. Bank Danamon menyediakan pilihan pinjaman hingga Rp 200.000.000 dan jangka waktu hingga 36 bulan (3 tahun).

Lakukan simulasi perhitungan jumlah pinjaman dengan jangka waktu pelunasan. Sesuaikan dengan kemampuan membayar nantinya. Jangan sampai cicilan per bulan tidak dapat ditutupi. Kalau sudah begini nantinya historis pinjaman saat BI Checking menjadi buruk.

3. Suku Bunga Pinjaman

Masih berkaitan dengan poin 2 di atas, saat melakukan simulasi jangan lupa perhatikan suku bunga pinjaman. Suku bunga pinjaman adalah persentase bunga yang dikenakan pada cicilan bulanan nantinya. Namun jangan khawatir, Bank Danamon memiliki suku bunga yang rendah dan flat.

Keuntungan lain dari kredit tanpa agunan Bank Danamon adalah suku bunganya flat. Dengan begitu calon nasabah bisa menghitung jumlah pasti cicilan per bulan hingga jatuh tempo. Bunga yang tidak flat (floating) membuat jumlah cicilan calon nasabah semakin lama semakin meningkat.

4. Biaya-Biaya Lain

Ada biaya-biaya tambahan yang dikenakan saat proses pengajuan atau pun pelunasan sebelum jatuh tempo. Di bawah ini adalah biaya yang dikenakan ke calon nasabah saat pengajuan kredit tanpa agunan Bank Danamon:

     1. Biaya Provisi

Beberapa orang memahami biaya provisi adalah biaya administrasi bank. Biaya provisi kredit tanpa agunan Bank Danamon sebesar 3,5% dari pinjaman yang diajukan atau minimal sebesar Rp 350.000.

     2. Asuransi

Wajib bagi calon nasabah membayar biaya asuransi. Fungsi dari biaya ini adalah jika peminjam meninggal dunia, maka sisa hutang dianggap lunas tanpa membebani ahli waris.

     3. Denda Keterlambatan Pembayaran

Setiap cicilan memiliki waktu jatuh tempo. Apabila saat waktunya tidak terbayar, ada denda keterlambatan. Kredit tanpa agunan Bank Danamon mengenakan denda sebesar 0.25% per hari dari jumlah cicilan tertunggak.

    4. Biaya Pelunasan Sebelum Jatuh Tempo

Sama seperti halnya keterlambatan, apabila cicilan ingin dilunasi lebih cepat maka dikenakan biaya. Bank Danamon memberlakukan 6% biaya dari sisa pinjaman atau minimal sebesar Rp 350.000.

     5. Cara Pencairan dan Pembayaran

Terakhir pastikan cara pencairan dan pembayarannya. Untuk pencairan dan pembayaran melalui Bank Danamon, tidak diperlukan biaya tambahan. Namun apabila pencairan dikirimkan ke rekening selain Bank Danamon ada biaya yang dikenakan. Hal ini berlaku juga untuk pembayaran setiap bulannya.

Demikian lah penjelasan sekilas mengenai perbedaan dan hal-hal yang perlu diperhatikan dari pengajuan kredit tanpa agunan Bank Danamon. Jadikan fasilitas pinjaman ini bermanfaat bagi usaha atau tujuan lainnya. Untuk melakukan pinjaman bisa ke alamat website https://www.cekaja.com/banks/danamon/pinjaman.

 

 

Tinggalkan Balasan