Mau Kredit Motor Second? Simak Informasinya Ini

Kebutuhan kendaraan bermotor saat ini semakin meningkat. Selain dipenuhi dengan motor baru, kini motor bekas dengan kondisi yang masih bagus dan layak digunakan juga dapat menjadi pilihan. Apabila kondisi keuangan Anda masih belum cukup untuk membeli motor dengan tunai, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba kredit motor second

Motor bekas menjadi salah satu kendaraan yang paling diminati. Tak hanya proses membelinya yang mudah, harga dan uang mukanya juga lebih ringan. Anda dapat mengajukan kredit motor second dengan uang muka yang lebih ringan daripada kredit motor baru. Oleh karena itu, membeli motor bekas dengan kredit menjadi salah satu proses yang diminati masyarakat untuk memiliki kendaraan. 

Jika Anda ingin melakukan kredit motor bekas, maka ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi. Hal itu bertujuan sebagai jaminan keamanan saat Anda membayar angsuran. Berikut beberapa syarat kredit motor yang harus Anda ketahui. 

 

Syarat Kredit Motor Second

1. Lengkapi Beberapa Dokumen 

Syarat utama yang harus Anda lengkapi saat mengajukan kredit motor yaitu data-data pribadi Anda, mulai dari KTP, kartu keluarga, slip gaji, NPWP, tagihan kredit selama tiga bulan terakhir, dan sebagainya. Lengkapi beberapa dokumen yang diperlukan sebelum Anda mengajukan kredit kendaraan bermotor.

2. Pendapatan 

Tak hanya beberapa data di atas, pendapatan juga menjadi tolak ukur dalam pembiayaan kredit. Dari pendapatan itulah akan diketahui apakah Anda mampu atau tidak dalam membayar angsuran sesuai tenor yang dipilih. Oleh karena itu, perlu adanya slip gaji atau surat keterangan penghasilan untuk menunjukkan jumlah pendapatan Anda. Ada beberapa bank yang juga ingin para wirausaha yang mengajukan kredit harus membuka usaha tersebut minimal jangka waktunya 3 bulan.

3. Mengetahui Angsuran Dengan Baik

Anda harus mengetahui cara kredit dengan baik, mulai dari uang muka, hingga angsuran kredit yang dipilih. Jika Anda masih belum memahami sistem kredit kendaraan tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan pihak kreditnya. Hal itu akan memudahkan Anda untuk memahami sistem kerja kredit motor agar tidak bingung nantinya.

4. Memilih Tenor Sesuai Kemampuan

Pilihlah tenor sesuai dengan kemampuan Anda. Setelah mengetahui uang muka dari kredit tersebut, maka Anda akan dihadapkan dengan pemilihan tenor. Hal itu bertujuan memudahkan Anda saat membayar angsuran dan sesuaikan dengan pendapatan per bulan yang Anda peroleh.

5. Memahami Suku Bunga Angsuran 

Untuk kredit motor, biasanya ada dua suku bunga yang berlaku yaitu suku bunga tetap dan mengambang. Anda harus memahami kedua suku bunga tersebut. Anda bisa menanyakannya secara langsung kepada pihak yang bersangkutan sehingga dapat memudahkan Anda dalam melakukan kredit kendaraan bermotor nantinya. 

Demikian beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin melakukan kredit motor second. Website CekAja.com menawarkan berbagai solusi masalah finansial, salah satunya termasuk kredit motor bekas. Anda dapat mengunjungi https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor sebagai pilihan kredit kendaraan bermotor terpercaya. Selain itu, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tinggalkan Balasan