Konsumsi Listrik Nasional Meningkat, Segera Cek Tagihan Listrik di Rumahmu!

Konsumsi Listrik Nasional Meningkat, Segera Cek Tagihan Listrik di Rumahmu!

Di awal tahun 2019, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menginfokan konsumsi listrik nasional selama tahun 2018 meningkat menjadi 1.064 kWh per kapita. Data ini bisa diartikan sebagai semakin berpotensinya Indonesia untuk menjadi negara maju. Di sisi lain, penggunaan listrik berlebih itu belum bisa dikatakan bijak. Sebab, bisa saja meningkatnya pemakaian listrik oleh masyarakat Indonesia juga dibarengi dengan mereka yang boros listrik. Cek tagihan listrik di rumah menjadi langkah wajib yang harus kamu lakukan!

Biasakan untuk Tidak Boros

Apakah anda sering tidak mencabut colokan alat elektronik dari stop kontak meskipun sudah lagi tak digunakan? Ternyata, kebiasaan ini memicu tagihan listrik anda bertambah. Sebab, listrik akan tetap mengalir ke kabel alat elektronik yang anda colokkan ke stop kontak. Belum lagi jika anda kerap membiarkan televisi, komputer, dan laptop menyala tanpa ditonton atau digunakan. Jika tidak ingin mendapat tagihan listrik yang tinggi, mulailah jeli mengecek penggunaan listrik dan berusahalah untuk berhemat. Matikan saklar tak terpakai dan cabut colokan dari stop kontak jika sudah selesai memakai alat elektronikmu di rumah. Seperti mesin cuci, alat pengisi daya baterai ponsel, hairdryer, dan lainnya.

Baca juga: Tips Tambah Daya Listrik Tanpa Membebani Keuangan

Kebiasaan Hemat Listrik Membantu Jaga Lingkungan

Baru-baru ini, laporan National Snow and Ice Data Center dari Amerika Serikat menyebutkan, tingkat mencairnya es di Greenland secara mengejutkan meningkat jauh pada pertengahan Juni 2019 ini. Dikatakan bahwa tingkat cairan es meningkat menjadi 40%, dari sebelumnya pada bulan Mei 2019 yang tak sampai di angka 5%. Ini adalah kondisi ekstrim yang membuktikan pemanasan global makin menjadi. Penggunaan listrik berlebih juga menyumbang pemanasan suhu bumi tersebut. Oleh karenanya, kebiasaan untuk berhemat listrik sangat perlu dilakukan. Selain menghemat tagihan listrik, anda juga sudah membantu meminimalisir pemanasan global.

Segera Cek Tagihan Listrik

Sekarang ini, pemerintah gencar mensosialisasikan warga untuk menggunakan listrik prabayar atau listrik isi ulang untuk kebutuhan listrik rumahan. Namun, jika anda masih menggunakan listrik pasca bayar, maka anda wajib mengecek tagihan listrik dan pemakaiannya di rumah anda. Jika tagihan sudah dirasa memberatkan, lakukan penghematan. Ada banyak cara mengecek tagihan listrik anda, mulai dari lewat SMS, Telepon, E-mail, dan lainnya.

Bayar Listrik dengan Kartu Kredit

Seiring dengan bertambahnya kebutuhan rumah tangga, membayar tagihan dengan kredit menjadi hal yang biasa untuk dilakukan. Tak hanya bayaran tunai, anda juga bisa membayar tagihan listrik menggunakan kartu kredit. Jika anda sudah melakukan penghematan listrik dan membayarnya secara kredit, hal ini bisa meringankan bayaran bulanan anda, terutama jika anda merupakan pekerja yang menerima gaji konstan setiap bulan.

Untuk anda yang ingin mengetahui informasi mengenai cara bayar tagihan listrik dengan kartu kredit, silahkan klik link berikut : https://www.cekaja.com/info/4-cara-cek-tagihan-listrik-bayarnya-pakai-kartu-kredit-aja/

Tinggalkan Balasan