mulai dari bisnis franchise minuman hingga menjadi pendiri cotton ink seperti carline darjanto, salah satu pebisnis muda yang sukses membangun bisnis sejak belia

Inspiratif, Indonesia Punya 5 Pebisnis yang Sukses Membangun Bisnis Sejak Belia

Seperti yang kita tahu, membangun bisnis dari nol tidaklah mudah. Meski begitu, beberapa orang tak memperdulikan hal tersebut dan optimis bahwa usaha yang dibangun sejak nol bisa saja membawa mereka ke keberhasilan. Misalnya memulai dengan hanya menjual jasa, lalu ikut bergabung bersama mitra atau bisnis franchise minuman atau makanan gerobakan, dan lain-lain. Semua orang mempunyai jalan dan alurnya sendiri untuk menggapai kesuksesan untuk menjadi seorang pebisnis unggul yang dibangun sejak dini.

Tidak sedikit daftar pebisnis muda khususnya di Indonesia yang kini sudah sukses dan mapan, karena berhasil membangun bisnis bahkan sejak muda. Tidak berhasil begitu saja, para pebisnis muda tersebut juga pastinya memiliki kelebihan tersendiri, seperti bisa mengatur serta mengelola bisnis atau keuangan dengan baik.

Tidak hanya itu, motivasi, konsisten serta tekad yang kuat juga bisa menjadi salah satu hal yang bisa membuat bisnis mereka berhasil. Nah, siapa saja sih, tokoh pebisnis muda Indonesia yang bisa dijadikan inspirasi berkat keberhasilannya membangun sebuah bisnis dari nol sejak dini? Berikut rangkumannya:

1. Hafiza Elfira Novitarini

Gadis kelahiran tahun 1990 ini bernama Hafiza Elfira Novitarini ini merupakan gadis yang tidak hanya berhasil menjadi pengusaha sukses. Pasalnya, ia juga berhasil memberikan kontribusi besar dalam hal dan kegiatan sosial, dengan mendirikan Nalacity Foundation, yang merupakan sebuah yayasan yang membina para penderita kusta. Nah, dibawah bimbingan yayasan ini lah, para penderita kusta diberdayakan.

Di dalam kegiatan ini, mereka akan dilatih untuk membuat jilbab yang nantinya akan diperjual belikan. Selanjutnya, hasil penjualan tersebut akan memberika keuntungan luar biasa untuk para penderita kusta itu sendiri dan juga untuk Hafiza, yang keuntungannya juga akan diberikan untuk kepentingan yayasan.

2. Carline Darjanto

Siapa yang tidak tahu brand fashion terkenal, yakni Cotton Ink? Bukan dari luar, ternyata brand ternama fashion ini berasal dari Indonesia. Terlebih, bisnis retail tersebut juga milik pengusaha muda Indonesia bernama Carline Darjanto. Ia, memulai bisnis tersbut sejak tahun 2008 silam, itu artinya, bisnis tersebut sudah berjalan hampir 11 tahun. Dan sekarang, bisnisnya pun sudah banyak kita temukan di banyak pusat perbelanjaan besar Jakarta.

Brand Cotton Ink yang sudah besar ini, telah meraih banyak keuntungan dengan total produksi yang sudah mencapai puluhan ribu item. Carline juga merupakan satu dari beberapa pengusaha muda asal Indoensia yang mungkin bisa dijadkan inspirasi dalam memulai sebuah bisnis atau usaha. Carline membuktikan, bahwa usia muda bukan alasan untuk mundur melakukan sesuatu yang besar.

Baca Juga: Mudahkah Kita Memulai Usaha? Ketahui Secara Lengkap!

3. Nicholas Kurniawan

Selanjutnya pengusaha muda yang berhasil mengembangkan bisnisnya sejak belia adalah Nicholas Kurniawan. Mulai dari memiliki usaha ekspor ikan hias, Nichol berhasil mengembangkan bisnisnya hingga ke bidang properti.

Bukan tanpa alasan ia bertekad ingin menjadi pengusaha muda. Hal tersebut ia lakuakn, karena merasa selalu mengalami kesulitan dalam hal keuangan keluarga. Maka dari itu, ia tergerak untuk menjadi pengusaha dan bisa membantu kedua orangtuanya dengan menjadi tulang punggung.

Tidak berjalan mulus, saat masih duduk di bangku sekolah, Nichol pun mengalami banyak kegagalan dan kesulitas, mulai dari masalah pribadinya karena pernah tidak naik kelas hingga masalah bisnisnya yakni pernah ditipu. Namun, ia tidak mudah patah semangat, sehingga iya berhasil menjadi salah satu pengusaha muda Indonesia yang bisnisnya mulai dilirik oleh pasar mancanegara.

4. Dea Valencia

Selanjutnya ada pengusaha muda cantik bernama Dea Valencia kelahiran 1994. Masih terhitung sangat muda, Dea yang memiliki rasa cinta terhadap batik bisa memperoleh keuntungan hingga miliaran rupiah setiap tahunnya.

Bahkan, ia sudah memulai bisnisnya saat ia belum menginjak usia 20 tahun. Namun, dengan kegigihannya dalam mengembangkan bisnis yang juga ia cintai, Dea pun memutar otak untuk bisa membuat tren fashion masa kini dari kain batik.

Tidak hanya, menjadi pengusaha muda yang sukses dengan batik, ia juga bisa menginspirasi banyak orang termasuk milenial untuk bisa maju dalam bidang usaha dan juga budaya.

5. Hamzah Izzulhaq

Tidak semua orang terlahir langsung memiliki jiwa bisnis yang melekat. Namun, Hamzah sangat beruntung karena bisa memiliki jiwa pebisnis dari lahir, sehingga tidak begitu sulit bagi Hamzah untuk bisa mengembangkan bisnis dari nol.

Tidak langsung besar, Hamzah juga memulai membangun bisnis mulai dari yang kecil dahulu, seperti berjualan kelereng hingga menjadi ojek payung. Selanjutnya, dia pun mengembangkan bisnis ke tingkat yang lebih tinggi yakni mencoba membangun dan mitra bisnis franchise yang menawarkan berupa penyedia jasa bimbingan belajar ketika ia masih dibangku SMA.

Awalnya, Hamzah mengambil alih salah satu cabang penyedia jasa bimbingan belajar di daerah Johar Baru dengan harga jual sebesar Rp 175 juta.

Selanjutnya, ia melakukan take over dengan modal Rp 5 juta yang dia miliki, lalu ditambah dengan Rp 70 juta, yang berasal dari dana pinjaman dari ayahnya dan sisa Rp 100 juta dicicil dari penghasilan setiap semester.

Dari situlah, bisnis franchise jasa bimbingan belajarnya itu pun mulai berhasil, hingga Hamzah juga berhasil menerima beragam penghargaan karena prestasi yang berhasil dicapainya sebagai salah satu pengusaha muda sukses di Indonesia. Kini, bisnisnya masih berkembang dan dia kerap diundang ke banyak acara untuk membagikan kisah inspirasinya.

Dari ceria inspiratif di atas, untuk bisa mencapai keberhasilan memang tidak instan begitu saja dan tidak ada yang tidak mungkin, jika kita konsisten dan selalu berjuang. Tidak melulu harus membangun usaha besar, Anda juga bisa memulai dengan bisnis yang kecil sambil belajar, seperti membangun bisnis franchise yang saat ini sedang marak.

Tidak hanya menguntungkan, membangun bisnis franchise khususnya dalam bidang kuliner, juga tergolong lebih mudah dan menguntungkan. Anda bisa memulai bisnis franchise minuman atau makanan gerobakan yang hanya membutuhkan mulai dari dua jutaan saja. Untuk lebih lanjutnya, Anda bisa lihat kelengkapan informasi terkait 5 bisnis franchise minuman modal kecil dengan keuntungan yang menggiurkan, di link berikut ini:

https://www.cekaja.com/info/5-bisnis-franchise-minuman-hits-yang-keuntungannya-menggiurkan/

Tinggalkan Balasan